Cara Memasang Keramik di Ruangan Non-Persegi dengan Semen MU - Mortar Utama


Bentuk persegi identik dengan sesuatu yang kaku dan teratur. Begitu pula dengan ruangan-ruangan dalam rumah atau gedung, sebagian besar bentuknya persegi. Nah, jika Anda ingin sesuatu yang unik, Anda bisa membuat ruangan yang berbentuk tidak persegi. Mungkin sedikit melengkung di ujung atau miring diagonal di sisi yang lainnya. Efeknya, ruangan nampak dinamis dan unik.

Problem

Keramik umumnya berbentuk persegi

Masalah yang kemudian harus kita hadapi adalah bagaimana meletakkan keramik di ruangan non-persegi tersebut, mengingat keramik umumnya berbentuk persegi. Sebenarnya proses dasarnya sama dengan memasang keramik persegi, ditambah beberapa perlakuan khusus.

Solusi

Langkah 1 : Siapkan material dan peralatan

Siapkan material dan peralatan sebagai berikut : Keramik, perekat keramik, sendok semen, pemotong keramik, nat, roskam keramik, ember, air, penggaris siku dan pita pengukur/meteran.


Langkah 2 : Ukur Ruangan

Sebelum memasang keramik, kita harus tahu berapa banyak keramik yang harus dibeli. Untuk mengukur ruangan non-persegi, ukur bentuk persegi dari ruangan tersebut, dimulai dari sisi yang paling lurus. Sebut ini area A. Kemudian, pada sisi-sisi yang melengkung atau miring, hitung luas persegi imajiner yang bisa menutup area tersebut, lalu tambahkan kira-kira 10% hasilnya. Sebut ini area B. Untuk menemukan jumlah keramik  yang kita butuhkan, jumlahkan ukuran area A dan B, lalu konversikan dengan ukuran keramik satuan. 

Langkah 3 : Tentukan Titik Awal

Di ruangan non-persegi, kita tidak bisa begitu saja memasang keramik sepanjang dinding. Kita harus menentukan titik tengah ruangan, kemudian semakin meluas ke seluruh ruangan. Ketika sampai di ujung yang miring atau melengkung, kita tinggal memotongnya sesuai kontur ruangan. Tentukan titik tengah ruangan dengan terlebih dahulu mencari titik tengah tiap-tiap dinding, kemudian menarik garis lurus ke dinding di seberangnya. Dari perpotongan garis itu, gunakan penggaris siku untuk menentukan bentuk tegak lurusnya. Inilah titik tengah ruangan, titik mula pemasangan keramik .

Langkah 4 – Pemotongan Keramik;

Setelah sampai di sisi ruangan yang tidak tegak lurus, kita akan perlu memotong keramik. Gunakan gergaji pemotong keramik. Jika kita tidak terbiasa memotong keramik , kita bisa menggunakan jasa professional untuk melakukannya. Kerjakan pemotongan ini dengan teliti sehingga bentuk potongannya akurat, sesuai kontur ruangan.

Langkah 5 : Memasang Keramik

Aplikasikan perekat keramik berkualitas tinggi seperti MU-400 Perekat Keramik Dinding dan Lantai. Pemakaiannya praktis dan daya rekatnya tinggi. Aplikasikan secukupnya, lalu tekan keramik dengan kuat. Lakukan mulai dari titik tengah ruangan, terus hingga seluruh bidang tertutup.

Langkah 6 :Pengisian Nat

Biarkan perekat keramik kering semalaman (1x24 jam). Keesokan harinya, barulah isi nat pada sela-sela keramik dengan menggunakan MU-408 Pengisi Nat Keramik siap pakai yang tidak cepat mengering saat diaplikasikan. Sebagai langkah akhir, bersihkan keramik dari sisa-sisa nat dengan spons.

Solution with the following weber products

Solution 1

MU-408 ColorPlus

Pengisi Nat Interior, Eksterior & area basah

MU-420 Perekat Keramik

Semen instan untuk pekerjaan pemasangan keramik (Ceramic Tile) pada dinding dan lantai

MU-400 Perekat Granite Tile

Semen instan untuk pekerjaan pemasangan granite tile (homogeneous tile) atau batu alam pada dinding dan lantai

MU-408 ColorFill

Semen instan untuk pengisi nat (tile grout) tahan abrasi.
Solution 2

MU-408 Glitter

Pengisi Nat dengan efek glitter

0 Response to "Cara Memasang Keramik di Ruangan Non-Persegi dengan Semen MU - Mortar Utama"

Posting Komentar

Postingan Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel